Sumur Gas Krikilan, BUMD di Rembang Jajaki Jaringan Masuk Rumah Warga

Musyafa ยท Jumat, 02 April 2021 - 10:02:00 WIB
Sumur Gas Krikilan, BUMD di Rembang Jajaki Jaringan Masuk Rumah Warga
Direktur PT Rembang Migas Energi Zaenul Arifin. Foto: iNews/ Musyafa Musa.

REMBANG, iNews.id – PT Rembang Migas Energi (RME) mengusulkan jaringan gas ke rumah warga di desa sekitar sumur gas Krikilan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Rembang tersebut bakal membagikan survei guna mengetahui respon warga. 

“Kalau dibuat jaringan gas, intinya warga senang atau tidak. Survei paling tidak dibagi ke lima desa di ring 1. Data penting, kalau ada yang menghalangi saya bisa buka data,” kata Zaenul Arifin, Kamis (1/4/2021) kemarin.

Dikatakannya, saat ini ada perubahan regulasi terkait jaringan gas. Jika dulu pemerintah menugaskan BUMN, seperti Perusahaan Gas Negara (PGN) atau Pertamina, sekarang lebih fleksibel karena bisa melibatkan kerja sama antara badan usaha dengan BUMN.

Dirinya berharap, nantinya terbentuk perusahaan gabungan dari PT Rembang Migas Energi selaku BUMD, Pertamina atau PGN selaku BUMN, dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Lima desa di ring satu sepakat bentuk satu BUMdes, kemudian bergabung dengan BUMD dan BUMN. Perusahaan itu nanti yang mengelola. Desa dilibatkan, biar ada keterikatan merasa memiliki,” jelasnya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2