Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ganjar Kenakan Pakaian Adat Aceh

Ahmad Antoni ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 10:02:00 WIB
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ganjar Kenakan Pakaian Adat Aceh
Gubernur Ganjar Pranowo memimpin upacara peringatan Sumpah Pemuda di halaman Kantor Gubernur Jateng. (foto: IST)

SEMARANG, iNews.id  -  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenakan pakaian adat Aceh saat upacara peringatan Sumpah Pemuda di halaman kantor Gubernur Jateng, Kamis (28/10/2021). Baju berwarna hitam hiasan emas dengan balutan sarung dan kopiah tampak pas dipakai Ganjar.

Upacara Hari Sumpah Pemuda diikuti puluhan pemuda pemudi berbagai suku. Mereka tampak mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah 

Ada pemuda-pemudi Papua, Makassar, Lampung, Bali, Jawa, Kalimantan, Palembang, Medan dan lainnya. Pakaian adat warna-warni dan beragam corak serta bentuk itu membuat upacara Peringatan Sumpah Pemuda kali ini begitu meriah.

Upacara digelar dengan sederhana dan diikuti peserta yang terbatas. Upacara juga menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Usai upacara, Ganjar mengatakan sengaja baju adat Aceh karena bertepatan dengan Kamis pekan keempat. Dimana pada setiap hari itu, semua ASN di Jateng memang wajib mengenakan baju adat Nusantara.

"Ini baju adat Aceh, dan ternyata mereka punya banyak design dan terus dikembangkan. Karena saya tanya, ini ternyata bukan design baju adat dulu, tapi dikembangkan. Ini menarik, tidak hanya diuri-uri, tapi terus dikembangkan. Ini motifnya bambu muda, filosofinya katanya tumbuh bersama," kata Ganjar.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: