Perkuat Pemasaran Hunian Pariwisata Masyarakat di Borobudur, Ini Langkah Kemenparekraf

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 17:42:00 WIB
Perkuat Pemasaran Hunian Pariwisata Masyarakat di Borobudur, Ini Langkah Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau salah satu homestay di Dusun Bojong II, Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang, Jumat (14/1/2022). Foto: Ist.

"Saat itu kami langsung bergerak cepat, secara tegas kita hadir untuk memahami kebutuhan Pak Sahir. Dan alhamdulillah homestay yang baru saja saya kunjungi sudah memiliki kelengkapan, seperti tempat tidur, kasur, TV, air hangat, AC, lengkap dengan lemari dan peralatan salat. Semua lengkap dan harganya hanya Rp200.000," kata Sandiaga. 

Sandiaga mengungkapkan, pihaknya akan memfasilitasi pemasaran Sarhunta masyarakat melalui pendekatan online marketing serta digitalisasi. Termasuk bekerja sama dengan berbagai pihak seperti industri. 

Selain itu, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia masyarakat dalam pengelolaan homestay, sehingga dapat memberikan layanan yang prima bagi wisatawan. 

"Termasuk juga menyelenggarakan kegiatan atau event, seperti Borobudur Marathon, Olimpiade Matematika dan Fisika, kita akan hadirkan di sini. Wisatawan yang datang bisa merasakan sensasi tinggal di Sarhunta. Ini akan jadi tugas kita, mudah-mudahan ini jadi kebangkitan ekonomi terbuka peluang usaha bagi masyarakat sehingga lapangan kerja terbuka dan penghasilan masyarakat terangkat lagi," kata Sandiaga.   

  

Kemenparekraf menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan antara 20-30 persen. "Yang paling penting pemerintah pahami kebutuhan rakyat dengan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Itu yang jadi tujuan kita, mudah-mudahan dengan doa kita bersama Indonesia segera pulih, ekonomi bangkit," kata Sandiaga. 

Sahir, salah seorang pemilik homestay yang mendapat dukungan dari Kemenparekraf berharap dukungan pemasaran ini dapat segera berjalan. “Mohon untuk partisipasinya menawarkan homestay, mudah-mudahan hal ini bisa berjalan,” kata Sahir. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: