Permohonan Ganti Kelamin Ditolak Pengadilan, Icha: Syok, Sedih Banget Kayak Mau Depresi

Tim iNews.id ยท Rabu, 11 Mei 2022 - 08:30:00 WIB
 Permohonan Ganti Kelamin Ditolak Pengadilan, Icha: Syok, Sedih Banget Kayak Mau Depresi
Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto menolak permohonan ganti jenis kelamin Faqih Al Amien (29) warga Kabupaten Banyumas menjadi seorang wanita. (Foto: Ist)

PURWOKERTO, iNews.id - Assyifa Icha Khairunnisa (29) bernama asli Faqih Al Amin sesuai KTP dan berjenis kelamin laki-laki. Warga Desa Jipang, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas ini ingin mendapatkan legalitas hukum mengganti status jenis kelamin menjadi wanita. Namun ditolak Pengadilan Negeri Purwokerto karena menyalahi kodrat.

Penolakan tersebut sempat membuatnya drop, pasalnya sejak kecil, dia mengaku jika sudah berperilaku selayaknya wanita. Bahkan dari hasil pemeriksaan medis membuat ia yakin mengubah status jenis kelamin dari laki-laki menjadi wanita.

"Merasakan perubahan sejak kecil, sukanya mainan boneka. Pas ditolak syok, sedih banget kayak mau depresi gitu, kayak sudah mau nyerah. Karena saat operasi pun keluarga sudah mengijzinkan semuanya dan itu juga dibiayai orang tua. Termasuk tetangga anggap aku ya sudah biasa saja, layaknya wanita," kata Icha kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Dikutip dari iNewsPurwokerto.id, Icha menceritakan awal perubahan pada dirinya tersebut tidak diketahui kedua orang tuanya. Bahkan sejak kecil ia selalu dianggap selayaknya seorang pria, meskipun ia lebih menyukai mainan perempuan, hingga akhirnya kedua orang tuanya menyadari hal tersebut ketika ia beranjak dewasa.

"Aku berpenampilan seperti wanita semenjak aku lulus SMP mau ke SMA, tapi gagal karena aku sudah tidak tahan pakai baju laki-laki. Soalnya malu, waktu itu sudah kayak puber, jadinya kan kalau wanita sudah senang dandan. Aku juga memang tidak merasa laki laki, kayak misalnya sholat Jumat pun malu banget, kan di sekelilingnya cowok semua," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: