Persoalan Gang Sempit di Brebes Capai Kesepakatan, Akses Jalan Kini 1 Meter

Yunibar ยท Rabu, 24 November 2021 - 19:54:00 WIB
Persoalan Gang Sempit di Brebes Capai Kesepakatan, Akses Jalan Kini 1 Meter
Warga terpaksa melewati gang sempit karena akses keluar masuk rumah mereka ditutup tembok. (iNews/Yunibar)

BREBES, iNews.id – Persoalan gang sempit yang menutup akses delapan rumah di Kabupaten Brebes akhirnya menemukan kesepakatan. Jalan yang awalnya hanya 50 sentimeter, kini akan diperlebar menjadi 1 meter. 

Jalan keluar tercapai setelah kedua warga yang rumahnya di mulut gang mengikhlaskan tanahnya dipakai untuk jalan. Nasikun (59)  menyediakan tanah selebar 50 sentimeter, dan Haji Slamet mengikhlaskan tanahnya selebar 50 sentimeter. 

“Sudah ada kesepakatan antara pemilik kedua rumah yang berada di mulut gang,” kata Fahmi (39) salah seorang warga yang kesulitan mengakses jalan, Rabu (24/11/2021). 

Haji Slamet membongkar pagar rumahnya sepanjang 3 meter agar bisa dilalui warga tanpa memiringkan badan. Haji Slamet juga sudah mengikhlaskan tanah 0,5x3 meter untuk akses jalan umum dengan membongkar pagar samping rumahnya. 

Sedangkan pemilik tanah yang membangun tembok, Nasikun lebih dulu menghibahkan 0,5x8 meter untuk gang juga turut mengikuti kesepakatan. Dengan demikian, gang yang awalnya hanya 50 sentimeter kini diperlebar menjadi 1 meter. 

Dibongkarnya pagar rumah milik Haji Slamet memudahkan akses warga, sehingga jika dalam kondisi darurat bisa melewati gang tersebut. Warga tidak harus memiringkan badan untuk melewati gang sempit seperti yang terjadi sebelumnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: