Petugas Linmas Tertangkap Basah Pungli THR, Gibran Kembalikan Uang ke Pemilik Toko

Bramantyo · Minggu, 02 Mei 2021 - 12:31:00 WIB
Petugas Linmas Tertangkap Basah Pungli THR, Gibran Kembalikan Uang ke Pemilik Toko
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengembalikan uang hasil pungli oknum Linmas ke pemilik toko. (foto Bramantyo)

SOLO, iNews.id Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengembalikan uang kepada 145 pertokoan di Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon, Solo. Uang yang dikembalikan Gibran itu merupakan hasil pungli yang diduga dilakukan petugas Linmas (Perlindungan Masyarakat) atas perintah Lurah Gajahan.

Besaran pungutan liar (pungli) yang dikembalikan Gibran cukup bervariasi, yakni Rp50.000 dan Rp100.000.

Sikap Gibran mengembalikan uang kepada pemilik toko di wilayah Gajahan ini sebagai bentuk respons dirinya menyusul munculnya keluhan dari sejumlah warga tentang adanya praktik pungutan zakat oleh Linmas dengan membawa surat bertanda tangan Lurah Gajahan.

"Saya ucapkan terima kasih pada warga Gajahan yang sudah melaporkan kejadian ini. Praktik ini harus segera disudahi. Karena yang berhak menarik zakat, infaq dan shodaqoh itu Baznas," kata Gibran kepada pemilik toko, Minggu (2/5/2021).

Gibran berulang kali berpesan ke pemilik toko untuk tidak memberikan sumbangan apa pun pada siapa pun. Karena, kata dia, sudah ada badan atau lembaga yang paling berwenang untuk menarik zakat, infaq dan shodaqoh yang ditunjuk oleh negara.

Menyusul terungkapnya kasus pungli yang diduga dilakukan oleh Lurah Gajahan pada Senin 3 Mei 2021, secara resmi Gibran memberhentikan jabatan Lurah Gajahan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2