Polisi Selidiki Pelempar Bom Molotov di Rumah Ketua DPRD Magelang dan Polres

Puji Hartono ยท Kamis, 04 Juli 2019 - 14:11 WIB
Polisi Selidiki Pelempar Bom Molotov di Rumah Ketua DPRD Magelang dan Polres
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menegaskan polisi masih menginvestigasi pelemparan bom molotov di dua lokasi di Kota Magelang, Kamis (4/7/2019). (Foto: iNews/Puji Hartono)

MAGELANG, iNews.id – Pascapelemparan bom molotov di rumah dinas Ketua DPRD Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng) dan Kantor Unit Laka Polres Magelang bom molotov, polisi masih menyelidiki pelaku tak bertanggung jawab itu. Peristiwa pada Rabu malam (3/7/2019) tadi masih ditangani Polres Kota Magelang.

“Tentu kami akan melaksanakan investigasi. Investigasi sudah pasti dilakukan karena itu memang tugasnya polisi. Kita akan investigasi, polisi akan cari tahu penyebabnya,” kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Magelang, Kamis (4/7/2019).

Menurut Kapolda, pelaku yang melempar bom molotov di dua lokasi tersebut, hanya untuk mencari cari perhatian. Aksinya belum sampai pada kategori teror.

“Bom molotov itu untuk mencari perhatian, belum sampai ke teror saya kira karena enggak menimbulkan rasa takut pada masyarakat. Inginnya memprovokasi, tapi masyarakat di sini enggak terprovokasi kok,” katanya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dan kerugian akibat aksi pelemparan bom molotov, Kapolda sangat menyayangkan kejadian itu. “Kejadian ini menunjukkan bahwa di antara kita masih ada yang mudah diajak-ajak untuk melakukan perbuatan-perbuatan seperti itu,” katanya.

Kapolda juga menegaskan, Polri, TNI bersama-sama masyarakat bersatu menolak aksi-aksi serupa. Dia juga berharap aksi itu tak berkaitan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas hasil Pemilu Presiden 2019.

“Yang paling penting adalah, TNI, Polri dan masyarakat, bersatu untuk menolak kegiatan-kegiatan seperti tadi malam, lempar-lempar bom molotov seperti itu,” ujarnya.

Diketahui, rumah dinas Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno yang berada di Jalan Diponegoro No 55, dilempar bom molotov oleh orang tak dikenal (OTK), Rabu malam (3/7/2019). Di saat bersamaan, Kantor Unit Laka Polres Magelang juga dilempari bom molotov.

Dari pantauan iNews di Jalan Diponegoro, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, bom bom molotov tersebut mengenai garasi mobil rumah dinas Ketua DPRD Kota Magelang. Bagian pinggir garasi tampak gosong, sisa terbakar.

Selain itu di lokasi juga ditemukan sisa pecahan botol dan beberapa paku yang berserakan. Sementara di Kantor Unit Laka Polres Magelang Kota tidak ada kerusakan yang berarti karena bom molotov dilempar di halaman belakang kantor.


Editor : Maria Christina