Polres Cilacap Resmi Jadi Polresta, Kapolda: Untuk Wujudkan Polri Presisi di Jawa Tengah

Ahmad Antoni ยท Kamis, 03 November 2022 - 13:15:00 WIB
Polres Cilacap Resmi Jadi Polresta, Kapolda: Untuk Wujudkan Polri Presisi di Jawa Tengah
Kapolda JatengIrjen Pol Ahmad Luthfi saat peresmian perubahan tipe Polres Cilacap jadi Polresta Cilacap, Kamis (3/11/2022). (Ist)

CILACAP, iNews.id Polres Cilacap resmi menjadi Polresta Cilacap. Perubahan tipe Polres Cilacap jadi Polresta diresmikan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Lapangan Mapolresta Cilacap, Kamis (3/11/2022).

Kapolda Jateng dalam sambutannya mengatakan, peningkatan tipe Polres merupakan upaya institusi Polri dalam memenuhi dinamika dan ekspektasi masyarakat, dalam hal pelayanan kepolisian untuk mewujudkan Polri Presisi di tengah masyarakat Jawa Tengah.

Kapolda menyebut, Kabupaten Cilacap terdiri dari 24 kecamatan, 269 desa 15 kelurahan, dengan jumlah penduduk 1.980.912 jiwa dan kepadatan penduduk 873 jiwa /Km².

"Kabupaten Cilacap memiliki 11 obyek vital nasional di antaranya,  PT Pertamina, PLTU, PT SBI dan lainnya. Sehingga untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepolisian khususnya di Kabupaten Cilacap harus lebih optimal," kata Luthfi.

Menurutnya, Polres Cilacap telah melewati setiap tahapan proses perubahan tipe, sehingga melalui surat Nomor B/802/M.KT.01/2022 tanggal 4 Agustus 2022, Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi RI menetapkan Polres Cilacap menjadi Polresta Cilacap. 

Hal itu telah ditindaklanjuti Kapolri dengan mengeluarkan Keputusan Nomor: KEP/1153/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022, tentang peningkatan tipe Polres Cilacap menjadi Polresta Cilacap.

Dengan perubahan tipe ini, lanjut Kapolda, jabatan Kapolres pun naik menjadi Komisaris Besar (Kombes). Sedangkan jajaran pejabat utama (PJU) di Polres Cilacap juga akan menyesuaikan dengan kenaikan tipe.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: