Polresta Banyumas Gagalkan Transaksi Jual Beli 9 Karung Petasan Besar

Saladin Ayyubi ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 12:41 WIB
Polresta Banyumas Gagalkan Transaksi Jual Beli 9 Karung Petasan Besar
Polresta Banyumas gagalkan transaksi jual beli 9 karung petasan besar (Foto: iNews/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id - Di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19) di bulan Ramadan rupanya tak menyurutkan seseorang menjual petasan. Terbukti, Satuan Reskrim Polresta Banyumas, Jawa Tengah mengamankan empat orang yang diduga terlibat dalam pembuatan dan penjualan petasan.

Dari keempat orang tersebut, salah satunya satu bernama Karsono, warga Kutasari, Purbalingga diduga pelaku utama yang membuat dan memasok petasan ke wilayah Banyumas. Pria 56 tahun ini ditangkap saat hendak mengirim pesanan ratusan petasan berukuran sedang ke seseorang di wilayah Kecamatan Karanglewas.

Kanit IV Satreskrim Polres Banyumas Iptu Yosua Farin mengatakan, petugas mengamankan sembilan karung berisi lebih dari 800 petasan, serta satu unit mobil yang digunakan untuk mengangkut barang berbahaya ini. Sementara, dalam pemeriksaan ketiga temannya hanya menemani untuk memasok dan kemungkinannya hanya sebagai saksi.

"Kalau dari keterangan saksi, satu orang itu hanya mengantar dan dua orang itu yang memindahkan barang ke mobil. Sementara satu ornag itu berperan membeli bahan kandungan peledaknya dan meraciknya sendiri," kata Yosua Farin, Selasa (12/5/2020).

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 dan subsider pasal 187 KUHP tentang bahan peledak. Ancamannya hukuman penjara 12 tahun.


Editor : Nani Suherni