Polresta Solo Terima Laporan 17 Warga Diduga Jadi Korban Kasus Pinjol

Antara ยท Kamis, 21 Oktober 2021 - 19:59:00 WIB
Polresta Solo Terima Laporan 17 Warga Diduga Jadi Korban Kasus Pinjol
Kapolresta Solo Kombes Ade safri Simanjuntak. Foto: ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

SOLO, iNews.id Polresta Solo menerima laporan 17 warga yang diduga menjadi korban kasus pinjaman online (pinjol). Mereka melapor melalui call center Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim). 

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjutak mengatakan, laporan yang masuk tengah dalam proses penyelidikan dan penyidikan, termasuk berkoordinasi efektif dengan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng.

Menurut Kapolres, para korban melapor karena mendapat intimidasi dari pelaku, di antaranya dengan menyebarkan konten bergambar pornografi. Korban diteror setiap hari dengan gonta-ganti nomor handphone.

“Warga yang melapor besaran utangnya rata-rata antara Rp50 juta hingga Rp75 juta. Pinjaman bunga berbunga dan tidak pernah habis,” kata Ade Safri Simanjutak, Kamis (21/10/2021). 

Bahkan ada korban yang tidak merasa meminjam dana namun ditagih.  Korban pernah mengakses situs itu, kemudian diklaim sudah pernah ditransfer dan seterusnya. Padahal, korban tidak pernah menerima uang pinjaman.

Kapolres mengimbau warga jangan mudah percaya dan disaring terlebih dahulu sebelum mengakses semua fasilitas yang ada di dunia maya atau berbau daring. Pelajari betul aturan mainnya dan pastikan bahwa semua sudah terverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: