Potret Kehidupan Warga Cilacap di Perbatasan Jateng-Jabar, Dulu BAB ke Sungai Kini di Rumah

Ahmad Antoni ยท Jumat, 22 Juli 2022 - 06:06:00 WIB
Potret Kehidupan Warga Cilacap di Perbatasan Jateng-Jabar, Dulu BAB ke Sungai Kini di Rumah
Warga Desa Rawaapu, Kecamatan Patimuan, Cilacap kini tak lagi BAB sembarangan karena sudah memiliki jamban di rumah. (Ist)

CILACAP, iNews.id  - Warga Cilacap yang tinggal di perbatasan Jateng-Jabar kini bisa merasakan manfaat bantuan jambanisasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Kebiasaan Buang Air Besar (BAB) sembarangan pun mulai berkurang. 

Adalah warga di Desa Rawaapu, Kecamatan Patimuan, Cilacap. Di daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran, Jabar, diketahui telah menerima bantuan program jambanisasi Pemprov Jateng.

Kepala Desa Rawaapu Bambang Wiyantoro mengatakan, sebanyak 46 KK di desanya telah menerima bantuan jambanisasi Pemprov Jateng. 

"Terima kasih kepada Pemprov Jateng umumnya dan khususnya kepada pak Gubernur (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo) atas bantuan jambanisasi kepada KPM (keluarga penerima manfaat) sekitar 46 KK," kata Bambang di desanya, Kamis (21/7/2022).

Bantuan itu, menurutnya, sebagai bentuk kepedulian Pemprov Jateng kepada masyarakat kendati mereka berada di daerah  perbatasan paling barat, yaitu perbatasan  Jawa Tengah dengan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.

"Masih diberi kesempatan atau perhatian khusus dari Pemprov maupun dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo," katanya.

Bantuan jambanisasi itu juga turut berkontribusi mengubah perilaku BAB masyarakat setempat.  Sebab, dari pantauannya, sebelum ada bantuan jambanisasi, warga BAB sembarangan di bantaran sungai.

"Sebelum adanya bantuan, BAB di becak (sejenis bangunan dari kayu di pinggir sungai untuk BAB). Sekarang hampir sudah tak terlihat lagi orang yang BAB sembarangan. Kita juga sudah canangkan bebas BAB sembarangan," ucapnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: