Potret Nasionalisme dan Semangat Belajar Siswa di Sekolah Alam Semarang

Ahmad Antoni ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 11:12:00 WIB
Potret Nasionalisme dan Semangat Belajar Siswa di Sekolah Alam Semarang
Para siswa SMP Kebon Dalem Semarang bersemangat mengikuti proses belajar di lingkungan sekolah. (foto: Antoni)

SEMARANG, iNews.id Nasionalisme dan semangat belajar para siswa SMP terekam di kompleks laboratorium sekolah berbasis alam Kebon Dalem. Mereka tampak menikmati proses belajar di sekolah yang berada di kawasan Durenan, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Ya, para siswa sedang berproses dengan lingkungan hidup yakni interaksi dengan lingkungan hidup.  Kepala SMP Kebondalem Semarang Maria Dwi Nurwaningsih mengatakan interaksi dengan lingkungan hidup dilakukan karena siswa ada yang belum terbiasa dengan alam. 

Menurutnya, untuk sadar betul, memegang daun, mengamati bahkan mengetahui nama dari pohon tidak semuanya pernah atau tahu. Maka dalam proses ini mereka berada dalam fase itu. 

“Anak-anak dalam kelompok mereka dibagi per area lalu mereka mengidentifikasi sebanyak mungkin tanaman yang menjadi bagian mereka, rumput pun boleh dan mereka kami minta menggunakan aplikasi untuk mencoba mendeteksi ini jenis tanaman apa,” kata Suster Maria, Jumat (12/8/2022). 

Di situlah proses belajar, benar atau salah itu bagian dari proses. Dari situ mereka mencari detailnya, apa itu pohon misalnya menemukan pohon delima lalu dicari manfaatnya apa, proses nanamya gimana, dari mana. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: