PPKM Level 3, Pemkab Kudus Akan Tiadakan Pasar Malam Tradisi Dandangan

Antara ยท Senin, 14 Maret 2022 - 18:34:00 WIB
PPKM Level 3, Pemkab Kudus Akan Tiadakan Pasar Malam Tradisi Dandangan
Prosesi dandangan di Alun-alun Kudus yang nantinya dilanjutkan pemukulan bedug yang dilakukan oleh pejabat instansi terkait, sekaligus dimulainya awal bulan puasa Ramadan. (Antara)

KUDUS, iNews.id - Pemkab Kudus akan meniadakan pasar malam pada tradisi dandangan yang menampung ratusan pedagang dari berbagai daerah untuk menyambut Ramadhan. Hal itu menyusul status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level tiga.

"Sebetulnya masih dalam kajian untuk menentukan tradisi dandangan di Kudus bisa digelar atau tidak. Akan tetapi, saya memastikan keputusannya mengarah tidak akan terlaksana karena banyak hal yang dipertimbangkan," kata Bupati Kudus Hartopo, Senin (14/3/2022).

Hal yang menjadi pertimbangan di antaranya, kata dia, status Kabupaten Kudus yang menerapkan level tiga sehingga aturan seperti sebelumnya saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 varian delta sehingga banyak aturan yang harus ditegakkan untuk mencegah penularan virus Corona.

Kalaupun ada usulan dandangan diadakan, imbuh dia, apakah bisa membendung mobilitas pengunjung, baik dari luar kota maupun dalam kota.

"Jika saja hal itu tidak menjadi permasalahan pemerintah, tentunya dipersilakan. Sebaliknya, tentu harus ada kajian yang mendalam karena nanti menjadi permasalahan yang levelnya bukan regional melainkan nasional," ujarnya.

Dia memastikan para pedagang mengharapkan tradisi dandangan diadakan, tetapi pemkab tidak bisa merealisasikan karena banyak pertimbangan. Bahkan kawasan Balai Jagong juga belum mengizinkan pedagang kaki lima (PKL) berjualan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: