PPKM Turun Level 3, Pengawasan WNA di Kota Salatiga Tetap Diperketat

Angga Rosa · Kamis, 02 September 2021 - 12:38:00 WIB
PPKM Turun Level 3, Pengawasan WNA di Kota Salatiga Tetap Diperketat
Suasana kantor Pemkot Salatiga. Foto: Sindonews/Angga Rosa.

SALATIGA, iNews.id - Status PPKM di Kota Salatiga turun menjadi level 3. Namun demikian, Pemkot Salatiga tetap memperketat pengawasan keberadaan warga negara asing (WNA) yang tinggal maupun berkunjung di kota ini.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga Joko Haryono mengatakan, pengawasan keberadaan WNA dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan pelanggaran hukum keimigrasian. 

Keberadaan mereka di Salatiga harus dipantau secara ketat agar aktivitasnya bisa diketahui, sehingga jika ada potensi penularan Covid-19 maupun pelanggaran hukum keiimigrasian bisa dilakukan langkah penanganan secara cepat.

"Pengawasan kami lakukan secara periodik setiap dua bulan sekali. Kami punya tim pemantauan dan pengawasan orang asing, lembaga asing dan tenaga kerja asing," katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (2/8/2021).

Joko mengatakan, hingga saat ini jumlah WNA yang ada di Salatiga sebanyak 372 orang. Sejak pandemi Covid-19, mobilitas WNA di Salatiga turun. Setiap bulan, rata-rata hanya sekitar 10 sampai 20 orang yang melakukan perjalanan. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: