Presiden Jokowi: Bupati Harus Cek Kondisi Lapangan, Jangan Hanya Terima Laporan Saja

Heri Purnomo ยท Rabu, 14 April 2021 - 19:55:00 WIB
Presiden Jokowi: Bupati Harus Cek Kondisi Lapangan, Jangan Hanya Terima Laporan Saja
Presiden Jokowi memberikan arahan kepada kepala daerah hasil Pilkada 2020 dalam Rakorpimda hasil Pilkada, secara daring. (iNews/Heri Purnomo)

BLORA, iNews.id  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah hasil Pilkada 2020 yang sudah dilantik mengecek langsung ke bawah untuk mengetahui kondisi lapangan. Permintaan tersebut disampaikan Presiden saat memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, secara daring, Rabu (14/4/2021).

“Jabatan ini merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab yang besar dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya,” kata Jokowi.

“Saya ingin ke depan penggunaan APBD daerah bisa fokus di beberapa sektor pembangunan saja, sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Misalnya tahun pertama fokus jalan, setelah tuntas fokus pasar dan lain-lain,” katanya.

Presiden Jokowi juga  berpesan agar proporsi penggunaan APBD, antara belanja modal, bisa lebih besar daripada belanja pegawai. 

“Jangan hanya terpaku pada rutinitas, inovasi yang berorientasi pada hasil juga harus dilakukan. Jadi kepala daerah jangan suka membaca laporan saja, harus cek langsung ke bawah agar benar-benar tahu kondisi di lapangan,” kata Jokowi.

Selanjutnya, di tengah melemahnya perekonomian karena pandemi Covid-19, Presiden meminta agar seluruh Kepala Daerah bisa mempermudah investasi, memperbanyak program padat karya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: