Profil Dr Soeharto, Dokter Pribadi Bung Karno yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Ahmad Antoni · Kamis, 03 November 2022 - 15:01:00 WIB
Profil Dr Soeharto, Dokter Pribadi Bung Karno yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional
Tangkapan layar Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional Mayor Jenderal Dr dr R Soeharto.

SEMARANG, iNews.id Profil Dr dr HR Soeharto mendapat anugerah gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah pada tahun 2022. Nama Dr dr HR Soeharto merupakan salah satu dari lima tokoh yang mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh di Indonesia. yakni Dr dr HR Soeharto dari Jawa Tengah, dr Raden Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat; H Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara ; KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat dan KGPAA Paku Alam VIII dari DI Yogyakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Menko Polhukam selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Mahfud MD di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11/2022).

Profil Dr dr HR Soeharto merupakan dokter pribadi Presiden pertama RI Ir Soekarno. Dr Soeharto memiliki kontribusi panjang dalam proses dan penataan negara Indonesia pada awal Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perjalanan dan kontribusi Dr Soeharto, antara lain menjadi dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta sejak tahun 1942. Selama tugasnya Dr Soeharto selalu menemani Bung Karno berkeliling ke seluruh dunia. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: