Pulang Kondangan dengan Nenek dari Jakarta, Anak 2 Tahun di Purbalingga Positif Corona

iNews.id ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 17:30 WIB
Pulang Kondangan dengan Nenek dari Jakarta, Anak 2 Tahun di Purbalingga Positif Corona
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (kiri). (Foto: Humas Pemkab Purbalingga)

PURBALINGGA, iNews.id – Seorang anak laki-laki berusia dua tahun asal Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Anak tersebut memiliki riwayat baru pulang dari Jakarta.

“Dari hasil pemeriksaan, seorang anak laki-laki berusia dua tahun dinyatakan positif Covid-19,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga dikutip dari Antara, Jumat (27/3/2020).

Dyah Hayuning mengatakan, anak tersebut baru kembali bersama neneknya kondangan di Jakarta. Setelah sampai di Purbalingga, balita itu mengalami sakit dan dibawa ke rumah sakit. Setelah diperiksa, dia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Dengan hasil tersebut, anak dua tahun itu menjadi pasien positif Covid-19 yang kelima di Kabupaten Purbalingga. Hingga sekarang, pasien masih mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

“Saat ini, pasien balita tersebut sudah diisolasi di rumah sakit dan mendapatkan perawatan,” katanya.

Bupati Purbalingga kembali meminta kepada masyarakat untuk mematuhi aturan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 lebih luas. Dia mengimbau agar masyarakat tidak bepergian dan berada dalam kerumunan. Masyarakat diingatkan untuk tetap di rumah saja demi kebaikan bersama.

Bupati juga mengingatkan agar warga Purbalingga yang berada di perantauan untuk menunda rencana mudik ke kampung halaman. Ini sangat penting untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Kami mengimbau warga perantauan asal Purbalingga untuk tidak mudik dulu ke Purbalingga. Mobilisasi saudara-saudara sekalian dikhawatirkan akan meningkatkan potensi penyebaran Covid-19 kepada masyarakat yang lain,” katanya.

Bupati juga mengatakan, Pemkab Purbalingga telah melakukan penyemprotan disinfektan di jalan-jalan protokol yang ada di wilayah setempat. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran (damkar).

Selain jalan protokol, petugas juga menyemprot disinfektan di Pasar Segamas dan Pasar Bukateja. Kemudian, membagikan masker bagi masyarakat yang membutuhkan.

Diketahui, hingga Jumat (27/3/2020), kasus positif corona atau Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) bertambah menjadi 43 kasus. Dengan demikian, di Jateng terdapat penambahan tiga pasien positif Covid-19.

Sebelumnya data hingga Kamis (27/3/2020), jumlah pasien corona sudah berjumlah 40 orang. Sementara kasus pasien yang meninggal dunia tidak bertambah dari Kamis kemarin, tetap enam orang.


Editor : Maria Christina