Puluhan Industri Cemari Bengawan Solo, DLHK: 34 Perusahaan Dapat Sanksi, 4 dalam Penyelidikan

Antara ยท Kamis, 09 September 2021 - 06:26:00 WIB
Puluhan Industri Cemari Bengawan Solo, DLHK: 34 Perusahaan Dapat Sanksi, 4 dalam Penyelidikan
Petugas saat mengecek kondisi air Sungai Bengawan Solo yang tercemar limbah industri. (iNews/Septyantoro)

SOLO, iNews.id – Puluhan industri baik skala besar maupun menengah telah mencemari air di Sungai Bengawan Solo. Berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jateng, industri tersebut membuang limbah di anak sungai yang menuju ke Sungai Bengawan Solo.

"Dari hulu ada dari Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Solo. Blora yang terdampak,"  kata Pelaksana Tugas Kepala DLHK Provinsi Jawa Tengah Widi Hartanto di Solo, Rabu (8/9/2021) 

Terkait hal itu, pihaknya sebetulnya sudah melakukan upaya pengawasan. Bahkan, untuk industri yang nekat membuang limbah di sungai akan dikenakan sanksi.

"Pengawasan secara intens mulai dilakukan sejak pertengahan tahun 2020, Juli 2020 sudah mulai dan sampai hari ini kami sudah melakukan pengawasan ke lebih dari 60 perusahaan, yang melanggar kita berikan sanksi," katanya.

Dia  mengatakan dari total perusahaan yang diawasi tersebut, 34 di antaranya sudah diberikan sanksi tertulis dan telah memperbaiki pengolahan limbahnya.

"Tetapi ada empat perusahaan yang saat ini ada dalam penyidikan karena pelanggaran berat. Kami sudah koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait hal ini," katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: