Puting Beliung Terjang Tenda Hajatan di Boyolali, Tamu Kalang Kabut

Tata Rahmanta ยท Jumat, 09 April 2021 - 00:31:00 WIB
Puting Beliung Terjang Tenda Hajatan di Boyolali, Tamu Kalang Kabut
Tangkapan layar saat warga yang menghadiri hajatan nampak panik ketika angin puting beliung menerjang Desa Nganggrong, Kecamatan Gladaksari, Kabupaten Boyolali. Foto: iNews/Tata Rahmanta.

BOYOLALI, iNews.id – Bencana angin puting beliung menerjang kawasan lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Kecamatan Galadaksari, Kabupaten Boyolali, Kamis (9/4/2021) sore. Angin menerjang tenda yang dipakai hajatan warga hingga porak-poranda. 

Dalam video amatir yang direkam warga, nampak detik-detik terjadinya angin puting beliung di Desa Nganggrong, Kecamatan Gladaksari, Kabupaten Boyolali. Terlihat angin berwarna kelabu kehitaman, berputar-putar dan berjalan sangat cepat dari arah timur dan barat. 

Kuatnya terjangan angin membuat puluhan warga yang tengah menghadiri hajatan menjadi panik dan berhamburan keluar rumah. Selang beberapa menit, tenda yang digunakan hajatan porak-poranda. Sejumlah atap seng beterbangan dan mengenai mobil yang melintas. 

Sejumlah tiang lampu penerangan jalan juga ambruk. Atap puluhan rumah warga juga rusak akibat kuatnya terjangan angin. Sebelum puting beliung datang, warga sama sekali tidak melihat adanya tanda-tanda.

“Hanya terdengar suara gemuruh, setelah dilihat keluar ternyata angin berputar-putar. Kejadian berlangsungsekitar lima menit,” kata Joko Saputra, salah  satu warga. 

Meski tenda porak poranda diterjang angin, acara hajatan tetap dilanjutkan. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali masih mendata tempat-tempat yang mengalami kerusakan dan total kerugiannya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo