Rekomendasi Gunung yang Cocok Didaki untuk Pemula di Jawa Tengah saat 17 Agustus

Reza Rizki Saputra · Selasa, 02 Agustus 2022 - 16:22:00 WIB
Rekomendasi Gunung yang Cocok Didaki untuk Pemula di Jawa Tengah saat 17 Agustus
Panorama Gunung Sindoro, Wonosobo, Jawa Tengah . (Foto : Tahura R Soerjo / istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Apakah kamu sedang mencari gunung yang cocok didaki untuk pemula di Jawa Tengah saat libur 17 Agustus? Simak tulisan berikut ini untuk pembahasan lengkapnya.

Tanggal 17 Agustus menjadi momen yang selalu dinantikan oleh semua masyarakat Indonesia. Pada hari tersebut merupakan hari bersejarah bagi masyarakat Indonesia yang telah lepas dari belenggu penjajahan. 

Oleh karena itu, banyak masyarakat Indonesia yang merayakan 17 Agustus dengan berbagai macam kegiatan salah satunya dengan mendaki gunung. Kebanyakan masyarakat ingin mendaki gunung saat libur 17 Agustus dikarenakan ingin mengibarkan bendera merah putih di atas ketinggian. 

Berikut ini terdapat beberapa gunung di Jawa Tengah yang dinilai ramah bagi kalian para pendaki pemula, cocok untuk kalian yang ingin merayakan 17 Agustus di atas ketinggian : 

Gunung Andong, Magelang
Gunung yang cocok didaki untuk pemula di Jawa Tengah yang pertama adalah Gunung Andong. Gunung ini berada di Desa Ngablak dan Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang. Gunung Andong digemari para pendaki pemula karena jalurnya yang tidak terlalu terjal, dan waktu tempuh yang singkat.

Tak hanya itu, Gunung Andong juga menawarkan pemandangan yang indah. Gunung ini memiliki empat puncak sekaligus dan berjejer yang membentang dari barat ke timur, yakni Puncak Makam, Jiwa, Andong, dan Alap-alap, pemandangan indah 360 derajat.

Berada di puncak Gunung Andong, para pendaki akan disuguhi pemandangan dari Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, serta puncak Gunung Andong lainnya. Termasuk deretan perbukitan yang membentang, hingga hamparan petak-petak lahan pertanian warga yang menawan.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: