Rencana Ekspor Produk Olahan Kedelai, Perajin Tahu Tempe Diminta Berinovasi

Angga Rosa · Jumat, 03 Juni 2022 - 19:37:00 WIB
Rencana Ekspor Produk Olahan Kedelai, Perajin Tahu Tempe Diminta Berinovasi
Ketua Puskopti Jawa Tengah Sutrisno Supriyantoro menandatangani perjanjian kerja sama dengan Puskopti Nusa Tenggara Barat saat RAT Gakoptindo di Salatiga. Foto: Sindonews/Angga Rosa.

SALATIGA, iNews.id - Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) berencana ekspor produk olahan kedelai mulai tahun 2022. Para perajin tahu tempe diminta berinovasi produk agar memiliki daya saing di pasar internasional.

Ketua Umum Gakoptindo Aip Syarifuddin Edi Wiyono mengatakan, sejuah ini sudah ada beberapa rekanan di Amerika, Korea, Jepang dan beberapa negara lainnya yang siap membeli produk olahan tahu tempe dari Indonesia. Untuk itu, perajin harus mempersiapkan diri agar produk bisa diterima di pasar luar negeri.

"Ekspor olahan kedelai terus kami matangkan. Perajin harus bisa memenuhi standar kualitas yang ditentukan. Tidak hanya itu, saya minta perajin juga berinovasi agar varian produk dan kualitasnya meningkat," kata Aip Syarifuddin Edi Wiyono di Salatiga, Jumat (3/6/2022). 

Dia mengatakan, kenaikkan harga bahan baku pasti akan terjadi karena disebabkan berbagai faktor. Untuk itu, para perajin harus siap dengan segala kondisi pasar. Karena itu, perajin harus melakukan terobosan dan inovasi agar produknya bisa menembus pasar luar negeri. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: