Renungan Suci HUT RI, Ganjar: Ada Perjuangan Pahlawan yang Tidak Boleh Kita Lupakan

Ahmad Antoni ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 05:38:00 WIB
 Renungan Suci HUT RI, Ganjar: Ada Perjuangan Pahlawan yang Tidak Boleh Kita Lupakan
Gubernur Ganjar Pranowo saat menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Giri Tunggal, Kota Semarang, Rabu (17/8/2022) dini hari. (Ist)

SEMARANG, iNews.id - Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal, Kota Semarang, berlangsung khidmat, Rabu (17/8/2022) dini hari. Tradisi ini digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia sekaligus pengingat bagaimana bangsa dan negara ini lahir berkat perjuangan para pahlawan.

"Ini tradisi tiap tahun yang bisa kita laksanakan. Setidaknya ini mengingatkan kepada kita semuanya bahwa arwah pahlawan ada di makam ini. Ada perjuangan yang tidak boleh kita lupakan," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai mengikuti apel.

Ganjar menjelaskan, penghormatan dan renungan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal selalu diperingati agar generasi berikutnya selalu ingat bahwa bangsa ini lahir tidak dikasih begitu saja. Tetapi ada darah, ada air mata, dan ada nyawa yang dipertaruhkan.

"Kita musti mempertahankan dan mengisi itu. Mudah-mudahan setiap renungan pada malam 17 Agustus bisa mengingatkan kepada kita yang muda-muda ini untuk berbuat jauh lebih baik dengan mengingat jasa-jasa mereka," jelasnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: