Resmikan UIN Gusdur di Pekalongan, Menag: Didik Mahasiswa Sebagai Humanis

Widya Michella ยท Rabu, 28 September 2022 - 02:08:00 WIB
Resmikan UIN Gusdur di Pekalongan, Menag: Didik Mahasiswa Sebagai Humanis
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa,(27/09/2022). (Foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa,(27/09/2022). Menag meminta agar seluruh civitas akademika kampus UIN KH Abdurrahman Wahid untuk secara sungguh-sungguh menerapkan nilai yang diajarkan Gus Dur. 

"Gus Dur adalah humanisme itu sendiri. Didik lah mahasiswa yang ada di sini sebagai seorang humanis," ujar Menag, Rabu,(28/09/2022).

Menag menyampaikan Gus Dur semasa hidupnya telah mengajarkan nilai kasih sayang dan memanusiakan manusia.

"Ajarkan para mahasiswa akan kasih sayang. Agar mereka mampu memanusiakan manusia lain dengan kasih sayang. Saya harap ini menjadi catatan penting. Mahasiswa jika nanti keluar dari kampus ini, bisa menjadi manusia seutuhnya," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Menag mengisahkan cerita Gus Dur saat dilengserkan dari kursi presiden. Saat itu, ada kubu yang mendukung Gus Dur untuk dilengserkan dan ada yang tetap meminta Gus Dur melanjutkan tugasnya sebagai kepala negara.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: