Ribuan Alat Peraga Kampanye di Kendal Ditertibkan karena Salahi Aturan

Eddie Prayitno ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 13:38 WIB
Ribuan Alat Peraga Kampanye di Kendal Ditertibkan karena Salahi Aturan
Ribuan alat peraga kampanye di Kendal ditertibkan karena salahi aturan (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Ribuan alat peraga kampanye (APK) calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng) ditertibkan. Rata-rata pelanggaran yakni ukuran alat peraga kampanye menyalahi aturan yang diberikan KPU Kendal.

Dari pantauan iNews, ribuan alat peraga kampanye dengan berbagai jenis dan ukuran dicopot tim gabungan Bawaslu Kendal, Satpol PP dan dmkar. Ukuran dan cara pemasangan alat peraga kampanye tersebut tidak boleh di paku di pohon. Namun, kenyataanya petugas masih banyak ditemukan.

Bahkan, ada juga memasangan di fasilitas umum yang dibiayai oleh negara seperti tiang listrik, telepon maupun tugu pembatas wilayah juga ditemukan. Selain itu juga masih banyak spanduk yang dipasang melintang jalan.

Komisioner Bawaslu Kendal, Teguh Firman Sudibyo menjelaskan petugas secara serentak menertiban APK. Penertiban mengarah ke tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa. Kurang lebih ada 1.000 APK yang melanggar dengan berbagai jenis yang tidak sesuai ketentuan KPU.

"Kebanyak yang kami copot itu ukurannya tidak sesuai dengan ketentuan PKPU. Cara pengasangannya juga banyak yang melanggar," kata Teguh, Jumat (16/10/2020).

"Kami serentak lakukan penertiban se-Kabupaten Kendal," ujarnya lagi.

Saat penertiban, Bawaslu juga mencopot baliho yang terpasang di pertigaan lampu merah Desa Kebonadem Brangsong diturunkan selain tidak sesuai dengan aturan dan belum membayar pajak. Sebelumnya ditertibkan, Bawaslu sudah menginformasikan sejumlah tim sukses paslon. Dalam waktu 1x24 tidak diturunkan maka di tertibkan petugas.


Editor : Nani Suherni