Ribuan Rumah di Pemalang Terendam Banjir, Warga Mulai Dievakuasi

Suryono Sukarno ยท Selasa, 23 November 2021 - 17:25:00 WIB
Ribuan Rumah di Pemalang Terendam Banjir, Warga Mulai Dievakuasi
Evakuasi warga korban banjir di Kabupaten Pemalang. Foto: iNews/Suryono Sukarno.

PEMALANG, iNews.id – Ribuan rumah di Kabupaten Pemalang terendam banjir akibat Sungai Kali Rambut meluap. Aparat gabungan dari TNI, Polri, BPBD, dan relawan mulai mengevakuasi warga ke tempat yang aman. 

Sungai Kali Rambut meluap akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah selatan Kabupaten Pemalang. Air menerjang permukiman penduduk dan merendam ribuan rumah. Lokasi banjir antara lain di Desa Tambakrejo dan Desa Lawangrejo. 

Ketinggoan banjir di kedua desa mencapai 60 sentimeter hingga 1 meter. Warga kesulitan beraktivitas karena seluruh jalan, dan rumah terendam air. 

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo bersama personel polri, BPBD dan Kodim setempat melakukan evakuasi warga yang membutuhkan bantuan. 

“Dua posko disiapkan untuk membantu korban banjir, yaitu di PMI Kabupaten Pemalang dan Balai Desa Tambakrejo,” kata Ari Wibowo, Selasa (23/11/2021). 

Posko di Balai Desa Tambakrejo mengakomodasi kebutuhan logistik di sejumlah desa yang tergenang banjir, khususnya yang berada di sekitarnya. Di posko terdapat dapur umum untuk suplai logistik dan makanan bagi warga terdampak banjir. 

Diharapkan warga yang terdampak banjir dapat menghubungi petugas di posko bila membutuhkan bantuan. Termasuk mengevakuasi barang-barang berharga. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: