Ridwan Kamil ke Mahasiswa Semarang: Kita sedang Ditinju Kiri Kanan

Taufik Budi ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 17:26:00 WIB
Ridwan Kamil ke Mahasiswa Semarang: Kita sedang Ditinju Kiri Kanan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (foto Dok)

SEMARANG, iNews.idGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta generasi milenial sebagai penerus bangsa tanggap terhadap pesatnya perkembangan zaman. Hal itu karena saat ini ada dua tantangan besar yang tengah dihadapi.

“Sekarang kita mengalami dua disrupsi. Sebenarnya kita ini sedang ditinju di kiri oleh disrupsi namanya 4.0 dan di kanan ditinju disrupsi namanya Covid-19,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu saat menjadi pembicara Studium Generale Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang digelar secara daring, Senin (18/10/2021).

“Siapa yang selamat? Yang bisa beradaptasi dengan dua disrupsi itu,” tegasnya di hadapan 600 lebih mahasiswa dari berbagai jurusan.

Dia mengatakan, disrupsi 4.0 menjadi ancaman serius bagai generasi muda. Sebab, mereka mesti pintar memilah dan memilih pekerjaan sesuai perkembangan zaman. Kemajuan teknologi informasi akan memangkas sejumlah pekerjaan di tengah masyarakat.

“Disrupsi pertama adalah disrupsi 4.0. Ingat kalimat saya. Semua hal yang rutin akan hilang digantikan oleh mesin. Jadi jangan pilih pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya rutin, inputnya sama outputnya sama,  sistem sama, itu akan digantikan. Tapi carilah pekerjaan yang dinamis inputnya selalu berbeda, sehingga outputnya selalu beda,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: