RSUD Kraton Pekalongan Terendam Banjir, Puluhan Pasien Dievakuasi

Suryono Sukarno ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 02:45 WIB
RSUD Kraton Pekalongan Terendam Banjir, Puluhan Pasien Dievakuasi
Petugas BPBD Kota Pekalongan mengecek ruang perawatan di RSUD Kraton yang terendam banjir, Senin (20/1/2020) malam. (Foto: iNews/Suryono)

PEKALONGAN, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD)  Kraton Pekalongan Jawa Tengah, terendam banjir setelah diguyur hujan selama dua jam, Senin ( 20/1/2020 ) malam.

Akibat banjir tersebut,  puluhan pasien yang berada di dua rungan dievakuasi ke ruang lain yang aman meski harus berdesakan dan kurang nyaman. 

Banjir cukup parah hingga hampir setengah meter merendam sejumlah ruangan rumah sakit tersebut.

Air menggenang di kawasan tempat parkir RSUD Kraton, sepanjang jalan ke ruang jenazah dan ruang Mawar dan ruang Wijaya Kusuma. Di halaman, terlihat puluhan sepeda motor dan mobil  terendam hingga setengah meter.

Di dalam ruang perawatan ini air merendam sekira 50 cm, sehingga tak bisa digunakan lagi. Tempat tidur pasien, ruang obat, ruang tindakan semua tak bisa digunakan lagi.

“Di ruang Wijaya Kusuma ada 12 pasien yang sedang dirawat da haru dipindahkan ke ruang Cempaka. Sedang pasien ruang Mawar dipindah ke ruang dahlia dan ruang yang masih longgar,” kata petugas BPBD Kota Pekalongan, Jayusman.

Petugas BPBD Kota Pekalongan serta relawan dan warga, langsung melakukan upaya pertolongan dengan mengevakuasi seluruh pasien ke tempat yang aman.

“Untuk ruangan yang terendam saat ini tak bisa dipakai, genangan air masih tinggi dan belum tahu akan bisa surut sampai kapan,” katanya.

Banjir di RSUD Kraton baru pertama kali akibat curah hujan yang  tinggi. Jika hujan masih terus mengguyur, dikhawatirkan banjir akan semakin parah.

Sejumlah pasein mengaku harus buru- buru pindah saat banjir memasuki ruang perawatan.

“Kami tak ada persiapan tiba- tiba air merendam ruang perawatan. Kami langsung dipindahkan ke ruang lain namun terpaksa berdesakan. Kami khawatir dengan kondisi banjir akan lama surut dan membuat terpengaruh kesembuhannya,” kata Tursono, pasien RSUD Kraton.

Selain rumah sakit, banjir juga merendam ratusan rumah warga ,bahkan rumah kawasan elit seperti rumah dinas Wali Kota, Ketua DPRD, juga rumah dinas Kapolres Pekalongan ikut terendam hingga sekira setengah meter.


Editor : Kastolani Marzuki