RSUD Wates Isolasi 2 Pasien Suspect Korona Sepulang Umrah

Antara ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 12:43 WIB
RSUD Wates Isolasi 2 Pasien Suspect Korona Sepulang Umrah
RSUD Wates, Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Foto: Antara)

KULONPROGO, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah Wates Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengisolasi dua pasien suspect virus korona jenis baru (Covid-19). Keduanya dilaporkan baru kembali ke Tanah Air usai ibadah umrah.

Direktur RSUD Wates Lies Indriyanti mengatakan kedua pasien itu berjenis kelamin laki-laki berusia 50 tahun. Mereka datang ke rumah sakit dengan keluhan batuk.

"Keduanya baru saja melakukan perjalanan umrah dan sempat transit di Malaysia. Saat tiba di Indonesia mengeluh batuk," kata Lies, Selasa (10/3/2020).

Dia mengatakan kejadian berawal ketika salah satu pasien datang berobat mengeluhkan batuk dan sesak nafas. Saat diperiksa, hasilnya pneumonia. Kemudian, pasien satunya mengeluhkan batuk dan demam, saat diperiksa secara dalam hasilnya bronkitis.

Dua pasien tersebut sedang dirawat di ruang isolasi sementara di Bangsal Gardenia RSUD Wates. Setelah selesai menjalani isolasi beberapa hari, pasien akan dipindahkan di ruang isolasi permanen di gedung baru medik terpadu.

"Saat ini, status pasien dengan pengawasan (PDP)," katanya.

Lies menjelaskan, RSUD Wates masih mengawasi dan mengirim sampel ke laboratorium untuk memastikan Covid-19 atau bukan. Dia memastikan seluruh tahapan perawatan kesehatan mengacu pada prosedur standar WHO.

"Pasien akan terus menjalani isolasi dengan pengawasan ketat sampai dinyatakan negatif Covid-19," ucapnya.


Editor : Nani Suherni