Sambut Musim Tanam, Petani Sidomulyo Kendal Gelar Kirab Gunungan

Eddie Prayitno ยท Jumat, 09 April 2021 - 17:27:00 WIB
Sambut Musim Tanam, Petani Sidomulyo Kendal Gelar Kirab Gunungan
Para petani saat berebut gunungan saat acara yang digelar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal. Foto: iNews/Eddie Prayitno.

KENDAL, iNews.id - Kirab gunungan mangsa labuh yang digelar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal berlangsung meriah. Puluhan warga berebut gunungan berisi hasil bumi yang diarak guna menyambut datangnya musim tanam kedua. 

Gunungan yang terbuat dari berbagai macam hasil pertanian, semula diarak dari Kantor Balai Desa Sidomulyo hingga brak tani di tengah sawah. Kirab gunungan mangsa labuh dilaksanakan setiap enam bulan sekali. 

Ketika sampai di lokasi, ratusan petani telah menunggu dengan membawa makanan sendiri-sendiri. Makanan yang dibawa petani ditaruh di atas daun pisang. Setelah didoakan lalu dimakan bersama sama.

“Tradisi ini dilakukan setiap menjelang musim tanam, sebagai bentuk syukur bisa mengolah sawah,” kata Junaidah, salah satu petani Desa Sidomulyo, Jumat (9/4/2021). 

Setelah doa bersama, gunungan menjadi serbuan warga dan petani. Warga meyakini jika bisa mengambil tumpengan dari hasil bumi, maka akan mendapatkan berkah. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: