Sejumlah Pedagang di Solo Masih Jual Minyak Goreng di Atas Ketentuan, Kok Bisa?

Antara ยท Jumat, 21 Januari 2022 - 17:07:00 WIB
Sejumlah Pedagang di Solo Masih Jual Minyak Goreng di Atas Ketentuan, Kok Bisa?
Minyak goreng yang dijual di Pasar Legi Solo, Jumat (21/1/2022). Foto: ANTARA/Aris Wasita.

SOLO, iNews.id - Sejumlah pedagang di Kota Solo masih menjual minyak goreng di atas ketentuan dari pemerintah, yakni Rp14.000 per liter. Alasannya, harga dari distributor belum ada penurunan.

Salah satu pedagang di Pasar Legi Solo, Sri mengaku masih menjual minyak goreng dengan harga Rp38.000 per 2 liter. Artinya harga minyak goreng masih Rp19.000 per liter.

"Ya memang dari distributor harganya masih tinggi, belum ada penurunan," kata pemilik toko Rizal Jaya tersebut.

Dengan harga minyak goreng yang masih bertahan tinggi, diakuinya terjadi penurunan pembelian oleh masyarakat. Meski tidak menyebutkan volume penjualan, saat ini terjadi penurunan pembelian dari masyarakat hingga 30 persen.

"Soalnya di mini market harganya kan sudah turun, sudah Rp14.000 per liter. Jadi masyarakat pilih beli di sana, memang di tempat kami yang beli jadi tidak banyak," katanya.

Pedagang lain, Radinem mengatakan, sejak ada arahan dari pemerintah terkait penurunan harga minyak goreng, hingga saat ini ia belum menjual komoditas tersebut.

"Sebetulnya saya punya banyak stok minyak goreng, tapi sama pabriknya diminta agar jangan dijual. Mau ditukar dengan yang baru, mungkin ada kaitannya dengan penurunan harga ini," katanya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: