Setelah Keris, Sri Sultan HB X Minta Barang Lain Dikembalikan dari Belanda

Kuntadi ยท Rabu, 11 Maret 2020 - 16:51 WIB
Setelah Keris, Sri Sultan HB X Minta Barang Lain Dikembalikan dari Belanda
Sri Sultan HB X dengan GKR Hemas menemani Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta (Foto: Twitter/Kraton Jogja)

YOGYAKARTA, iNews.id – Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap tidak hanya keris milik Pangeran Diponegoro yang dikembalikan oleh Pemerintah Belanda. Dia pun meminta beberapa barang yang berkaitan dengan sejarah Indonesia di masa lalu kembali ke Tanah Air.

“Kalau bisa jangan hanya itu (keris) tapi naskah-naskah yang lain mungkin juga memungkinkan atau barang yang lain," kata Sri Sultan usai menerima kunjungan Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di Keraton Yogyakarta, Rabu (11/3/2020).

Menurut Sultan, kunjungan ini hanya untuk mengenang masa lalu. Dimana Raja Belanda dulu pernah ikut ke Indonesia dan ke Keraton Yogyakarta bersama dengan ibunya Ratu Beatrix. Sekarang sang Raja datang bersama ratunya.

Sultan mengatakan, barang-barang yang berkaitan dengan Indonesia sangat diperlukan untuk mendukung sejarah. Salah satunya keris yang merupakan bagian dari orang Jawa.

“Itu kan sejarah bagi suatu. Seperti keris kan bagi orang Jawa itu punya nilai," ujar Sultan.

Sultan mengaku tidak mau terlibat dalam polemik mengenai keaslian keris Naga Siluman yang dikembalikan. Dia juga tidak mempermasalahkan keris tersebut akan disimpan di Museum Nasional.

Dia pun tidak tahu persis benda bersejarah apa saja yang masih ada di Belanda. Termasuk jumlah keris milik Pangeran Diponegoro.


Editor : Nani Suherni