Sinkhole Terus Bermunculan, Warga Gunungkidul Mulai Resah

Kuntadi ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 20:30 WIB
Sinkhole Terus Bermunculan, Warga Gunungkidul Mulai Resah
Salah satu sinkhole yang muncul di pemukiman warga terletak di Pedukuhan Panggang I, Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Fenomena tanah berlubang atau sinkhole di Kabupaten Gunungkidul, DIY semakin mengkhawatirkan. Saat ini kemunculan sinkhole berada di sekitar permukiman warga.

Salah satu sinkhole yang muncul di pemukiman warga terletak di Pedukuhan Panggang I, Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang.

“Tiba-tiba muncul dan tanah di sekitar pemukiman mulai ambles,” kata salah seorang warga Panggang I, Masiyem, Kamis (9/1/2022).

BACA JUGA: Tanah Longsor Hantam Rumah Warga di Kulon Progo

Setidaknya ada 16 rumah warga yang terdampak, 14 di antaranya mengalami kerusakan. Mulai dari kondisi tembok retak, hingga bangunan tak lurus. Sampai saat ini belum ada penanganan dari pemerintah setempat.

“Belum ada penanganan serius dari pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Giriharjo, Aris Eko Widiyanto mengatakan warga mulai khawatir jika terjadi hujan.

BACA JUGA: Sinkhole di Lahan Pertanian Gunungkidul Kembali Muncul

“Kalau ada hujan lebat dengan intensitas lama, warga takut rumahnya akan ikut ambles,” katanya.

Pemerintah desa mencatat penurunan tanah setiap tahunnya bisa mencapai 10 sentimeter. Kejadian ini telah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Dia berharapan ada upaya lebih lanjut untuk mengatasi dampak kemunculan sinkhole.


Editor : Nani Suherni