Tanah Longsor Hantam Rumah Warga di Kulon Progo

Kuntadi ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 17:37 WIB
Tanah Longsor Hantam Rumah Warga di Kulon Progo
Rumah warga di Desa Jatirejo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo terkena material longsor, Kamis (9/1/2020). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULON PROGO, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Perbukitan Menoreh, sepanjang hari Rabu (8/1/2020) menyebabkan tanah longsor di Desa Jatirejo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tetapi longsoran tanah menimpa rumah warga.

Pemilik rumah, Repi (70) mengaku awalnya mendengar suara gemuruh dari samping rumah yang diikuti longsoran material tanah dan batuan. Akibatnya dinding rumah, dapur dan sebagian kamar mandi rusak.

"Sejak pagi sudah hujan, dan mulai sore longsoran kerikil sudah mulai turun," ujar Repi, Kamis (9/1/2020).

BACA JUGA: Longsor Landa Depok, 3 Orang Sekeluarga Tewas Tertimbun

Kamis (9/1/2020) pagi, warga bersama dengan relawan dan BPBD melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran. Mereka menyingkirkan batu dan lumpur yang merusak rumah korban.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo, Edi Wibowo mencatat sudah ada lima rumah warga rusak karena longsor di awal Januari 2020.

Meski tidak ada korban, BPBD mengimbau warga tetap waspada karena curah hujan tinggi masih berpotensi menyebabkan longsor.

“Kalau hujan deras turun, kami sarankan untuk mengungsi,” katanya.

BACA JUGA: Longsor Banjarnegara, Warga Mengungsi di Malam Tahun Baru

Selain longsor, angin kencang juga merusak puluhan rumah warga yang tertimpa material longsor. Setidaknya ada 104 kejadian pohon tumbang dan longsor.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY telah mengeluarkan imbauan potensi hujan lebat disertai angin kencang di DIY sampai tanggal 12 Januari.


Editor : Nani Suherni