Situs KPU Bantul Diretas, Pelaku Pasang Ungkapan Cinta

Kuntadi ยท Senin, 06 Januari 2020 - 16:45:00 WIB
Situs KPU Bantul Diretas, Pelaku Pasang Ungkapan Cinta
Peretas. (Foto: Istimewa)

BANTUL, iNews.id – Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, kab-bantul.kpu.go.id diretas orang tidak bertanggung jawab. Akibatnya informasi di dalam situs tak bisa diakses.

Saat diretas, situs KPU Bantul terpasang foto sepasang pemuda dengan emoticon hati menutup wajah pasangan tersebut. Tidak hanya itu, peretas juga memasang kalimat cinta sepanjang tiga baris.

“Tetaplah bersamaku walau pun dunia ini kacau, aku mencintai mu setulus hati ku, kamu tidak perlu tahu aku siapa di depan komputer yang kamu tahu adalah AKU MENCINTAI Mu!,” kata peretas dalam tulisannya.

BACA JUGA: Peretas Situs KPU Berusia 19 Tahun Diperiksa Bareskrim

Peretasan situs KPU Bantul ini diketahui pada Minggu (5/1/2020) siang. Di laman tersebut juga tertulis “Hacked by Mr.Rm19”.

Saat dikonfirmasi, KPU Bantul mengatakan masih memperbaiki situs yang diretas tersebut. “Saya tahu sejak kemarin (Minggu). Sekarang masih tahap perbaikan sehingga untuk sementara tidak bisa diakses,” kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Bantul, Arif Widayanto, Senin (6/1/2020).

BACA JUGA: Waduh, Instagram Luna Maya Diretas Hacker Turki

Arif menyayangkan peristiwa ini karena dalam beberapa pekan jumlah pengunjung situs KPU Bantul diketahui terus meningkat. Banyak warga yang mengakses laman ini untuk mendapatkan informasi, terutama tentang tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) Bantul 2020.

“Situs ini diperlukan untuk informasi publik, apalagi ini menjelang pilkada,” ucapnya.

Saat ini situs KPU Bantul sudah dapat diakses pada Senin sore. KPU Bantul berharap tak ada lagi peristiwa peretasan situs mereka demi kepentingan masyarakat.

Editor : Rizal Bomantama