Solar Langka, Nelayan di Kendal Menganggur dan Tak Bisa Melaut

Eddie Prayitno ยท Jumat, 06 Agustus 2021 - 11:00:00 WIB
Solar Langka, Nelayan di Kendal Menganggur dan Tak Bisa Melaut
Ratusan jerigen milik nelayan mengantre di SPBN Dermaga Bandengan Kendal. (iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id – Kelangkaan solar terjadi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Akibatnya, nelayan kecil tak bisa melaut karena kehabisan bahan bakar.

Ratusan jerigen milik nelayan terpaksa mengantre panjang untuk mengisi bahan bakar solar di stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) Dermaga Bandengan, Kendal, Jumat (6/8/2021).

Sudah sebulan pasokan solar ke SPBN ini tersendat. Kelangkaan solar ini membuat nelayan dibatasi pembeliannya hingga 50 persen. Untuk bisa melaut  nelayan harus mengantre selama sepekan untuk bisa mendapatkan jatah solar karena pembelian dibatasi. Jika biasanya  jatah BBM 50 liter, namun hanya dijatah maksimal 20 liter.
 
Nelayan asal Bandengan Jumadi mengaku sudah mengantre  tiga jam dan  hanya  mendapatkan 20 liter solar. Dia mengatakan, selama solar langka banyak menganggur sehingga untuk menutup kebutuhan hidup harus pinjam di warung.

“Sudah lama pak, ini sudah seminggu. Yang kemarin-kemarin ngantre sebulan. Setiap pembelian biasanya dapat 50 liter, sekarang hanya 20 liter. Sekarang sulit solar,” kata Jumadi.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: