Solo PPKM Level 3, Objek Wisata Jurug Segera Uji Coba Operasional

Antara ยท Kamis, 02 September 2021 - 09:20:00 WIB
Solo PPKM Level 3, Objek Wisata Jurug Segera Uji Coba Operasional
Ilustrasi - Pengunjung masuk ke TSTJ dengan mengikuti aturan protokol kesehatan. Foto: ANTARA/Aris Wasita.

SOLO, iNews.id - Objek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) segera uji coba operasional setelah Kota Solo turun status menjadi PPKM level 3. Langkah pembukaan tempat wisata di pinggir Sungai Bengawan Solo ini tengah disusun.

Direktur TSTJ Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengatakan, sebagai bagian dari prosedur uji coba, pihaknya mengirim surat terlebih dahulu kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo untuk meminta izin operasional.

"Ini sesuai dengan instruksi gubernur, selain itu nanti ada beberapa ketentuan protokol kesehatan, tempat cuci tangan, jaga jarak, dan kesiapan pegawai kami," kata Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, Kamis (2/9/2021). 

Ia mengatakan, nantinya juga akan diterapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi kepada masing-masing pengunjung.

"Nanti kami siapkan barcode, begitu pengunjung datang langsung scan, pulang juga kembali scan agar terekam, termasuk berapa jumlah pengunjung yang pada saat itu ada di dalam," katanya.

Ia mengatakan, untuk kapasitas maksimum saat ini sebesar 25 persen dari kapasitas normal. Meski jauh di bawah kapasitas normal, pihaknya tetap mengapresiasi.

"Mengenai kapasitas 25 persen, kami tidak ada masalah. Dalam kondisi normal jumlah pengunjung yang datang bisa lebih dari 10.000 orang, kalau 25 persen dari itu kan cukup baik," katanya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, uji coba objek wisata baru dilakukan untuk kawasan terbuka, di antaranya TSTJ dan Taman Balekambang.

"Itu pun belum semua, seperti Taman Jaya Wijaya belum saya buka karena kerumunan di sana sangat banyak," kata Gibran. 

Meski sudah mulai uji coba, ia tetap melarang anak di bawah umur untuk masuk ke kawasan wisata.

"Anak-anak belum boleh masuk, mau bagaimana lagi. Soalnya anak-anak termasuk paling rentan terpapar," katanya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: