Sosialisasi PeduliLindungi untuk Beli Minyak Goreng Curah di Batang, Ini Kendalanya

Antara ยท Jumat, 01 Juli 2022 - 19:42:00 WIB
Sosialisasi PeduliLindungi untuk Beli Minyak Goreng Curah di Batang, Ini Kendalanya
Pedagang minyak goreng di pasar tradisional sedang melayani pembeli, Kamis (30/6/2022). (ANTARA/Kutnadi)

BATANG, iNews.id – Pemkab Batang terus menyosialisasikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi pada masyarakat sebagai syarat untuk membeli minyak goreng curah. Salah satu kendala yang dijumpai adalah tidak semua konsumen atau pedagang berusia lanjut memiliki handphone. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan pemerintah telah mengimbau masyarakat agar pembelian minyak goreng curah dengan memanfaatkan aplikasi tersebut.

"Akan tetapi, pemanfaatan aplikasi itu tidak semua konsumen maupun pedagang berusia lanjut di pasar tradisional memiliki gawai, sehingga hal itu tentu akan mengalami sedikit kerepotan. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut," kata Subiyanto, Jumat (1/7/2022). 

Ia menjelaskan, kegiatan sosialisasi tidak cukup dilakukan selama satu atau dua pekan, tetapi harus dilakukan terus-menerus karena konsumen maupun pedagang pada masa awal implementasi kebijakan perlu belajar menggunakan aplikasi.

Menurut dia, penerapan aplikasi PeduliLindungi sedikit merepotkan. Namun pemerintah masih memberikan kesempatan bagi konsumen dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) apabila akan membeli minyak goreng curah.

"Bagi yang tidak mampu menggunakan aplikasi, maka konsumen bisa melakukan pembelian minyak goreng curah maksimal 10 kilogram per hari," kata Subiyanto.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: