Sosok Kombes Nurul Azizah, Polwan Pertama Jubir Polri yang Punya Prestasi Akademik Cemerlang

Thomas Pulungan ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 14:40:00 WIB
 Sosok Kombes Nurul Azizah, Polwan Pertama Jubir Polri yang Punya Prestasi Akademik Cemerlang
Profil Kombes Nurul Azizah belum banyak dikenal publik. Polwan asal Banyubiru, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, ini memang jarang terekspos. Foto: Dok Pribadi

Tak berhenti di situ, Kombes Nurul Azizah melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta dan meraih gelar doktor pada tahun 2017. Saat ini Kombes Nurul menjabat sebagai Ketua Program Studi S3 Ditprogram Pascasarjana STIK. 

Kombes Nurul mengawali karier di kepolisian dengan masuk Sekolah Bintara Polwan pada tahun 1991. Semasa menjadi anggota Polri, perempuan kelahiran 5 November 1972 banyak menghabiskan waktu untuk belajar.

Pada tahun 1992 ia sempat mengikuti kursus Dasba Operator Komputer Hankam. Dua tahun kemudian, ia melanjutkan pendidikan D3 Ilmu Kepolisian pada 1994 dan lulus tahun 1997. 

Setahun kemudian, Kombes Nurul melanjutkan pendidikan Setukpa Polwan pada tahun 1998. Dengan pendidikan ini, ia langsung mendapat pangkat Letnan Dua atau Inspektur Polisi Dua.

Dengan pangkat ini ia kemudian ditugaskan sebagai Perwira Pertama Staf Personel di Mabes ABRI. Pada tahun 2000 ia ditarik ke Mabes Polri sebagai Staf Perencanaan Umum dan Anggaran. Sejak itu ia banyak berkutat di bidang perencanaan, pengembangan, dan penganggaran Polri. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: