Sragen Tetapkan KLB usai 2 Warga Dinyatakan Positif Virus Corona

Nani Suherni ยท Senin, 13 April 2020 - 13:06:00 WIB
Sragen Tetapkan KLB usai 2 Warga Dinyatakan Positif Virus Corona
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati (tengah) (Foto: Dok Pemkab Sragen)

SRAGEN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng) menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) di wilayahnya. Hal ini usai dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Sragen dinyatakan positif virus corona.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 secara langsung mengumumkan kebijakan tersebut.

"Hari ini kita baru saja mendapatkan kabar hasil tes swab, Senin (13/4/2020). PDP kami (warga Sragen) dua orang hasil tes positif. Dengan hasil dua pasien positif, Kabupaten Sragen menetapkan Kejadian Luar Biasa," ujar Yuni dikutip situs resmi Pemkab Sragen, Senin (13/4/2020).

Dia menjelaskan, dua pasien tersebut yakni satu berjenis kelamin perempuan (47) dan laki-laki (39). Keduanya merupakan warga Kecamatan Sragen Kota. Mereka dinyatakan positif Covid-19 dari hasil lab Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta yang keluar hari ini, Senin (13/4/2020).

Yuni menyampaikan, pasien perempuan tersebut merupakan kiriman dari salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Sragen, pada Sabtu (4/4/2020). Sementara satu pasien laki-laki secara mandiri mendatangi langsung RSUD Dr Soehadi Prijonegoro Sragen pada Kamis (2/4/2020).

“Dengan adanya hasil dua positif tersebut, maka Kabupaten Sragen akan segera kita ambil tindaklanjut beberapa hal terkait adanya kabar hasil tes swab dua positif hari ini,” ucapnya.

Menindaklanjuti hal ini, Pemkab Sragen akan melakukan tracking perjalanan kedua pasien positif Covid-19. Dia juga berharap masyarakat Sragen tidak panik dan tetap waspada dan semua bisa tabah menjalani dan menghadapi hal ini dengan senantiasa menjaga social distancing, di rumah saja dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: