Sri Sultan HB X Liburkan Pelajar di DIY Selama Sepekan

Kuntadi ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 18:43 WIB
Sri Sultan HB X Liburkan Pelajar di DIY Selama Sepekan
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Antara/Luqman Hakim)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menetapkan belajar di rumah bagi siswa disemua tingkat pendidikan, untuk mengantisipasi penyebaran virus korona jenis baru (Covid 19). Selama belajar di rumah, orangtua disarankan mengawasi belajar online anak.

"Guna mengendalikan penularan Virus korona, Pemda DIY memberlakukan kebijakan para siswa-siswi se-DIY dari semua tingkat untuk belajar dari rumah," kata Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, Kamis (19/3/2020).

Kebijakan belajar di rumah dengan sistem online ini akan mulai berlaku pada Senin (23/3/2020) hingga Selasa (31/03) mendatang. Orangtua harus ikut berperan aktif dalam mendukung kebijakan belajar online. Program ini harus mendapatkan dukungan semua pihak demi kelancaran dan tetap terjaminnya hak anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

"Sebelum tanggal 31 Maret akan kita lakukan evaluasi bahwa program online Jogja Belajar ini efetif atau tidak,” katanya.

Selama belajar di rumah, siswa tetap harus melakukan proses belajar mengajar dengan sistem daring (online) dari rumah. Di sini orangtua harus ikut berperan dalam mengawasi.

“Keluarga memiliki peranan penting untuk memberikan dukungan supaya kebijakan tersebut berhasil dilaksanakan, memberi ruang anak-anak untuk turut belajar, menjaga diri, dan jangan sampai untuk menjadi turis untuk berwisata," ucapnya.

Di sisi lain, Sultan juga minta masyarakat tetap mematuhi imbauan untuk menunda pertemuan atau menggelar agenda yang memungkinkan interaksi atau kerumunan massa.


Editor : Nani Suherni