Takut Divaksin Covid-19, Lansia di Grobogan Ini Kabur Masuk Rumah

Rustaman Nusantara ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 17:41:00 WIB
Takut Divaksin Covid-19, Lansia di Grobogan Ini Kabur Masuk Rumah
Satgas Covid-19 saat membujuk lansia di Desa Tirem, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan agar bersedia divaksin. Foto: iNews/Rustaman Nusantara.

GROBOGAN, iNews.id – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kabupaten Grobogan tidak sepenuhnya berjalan mulus. Beberapa warga sempat menolak dan kabur ke dalam rumah ketika dijemput Satgas Covid-19

Seperti yang dilakukan Karmijan (65) warga Desa Tirem, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan. Ia berusaha menghindar ketika diminta ikut menjalani vaksinasi di kantor balai desa, Selasa (15/6/2021).

Ketika dibujuk dan diberi pengertian, Karmijan kabur dan masuk ke dalam rumah. Petugas pun memaksa kakek ini agar tetap ikut divaksin. Setelah diberi penjelasan panjang lebar, dengan agak berat hati ia lalu ikut masuk ke mobil yang menjemputnya. 

Penjemputan lalu dilanjutkan ke seluruh lansia di Desa Tirem. Beberapa lansia juga menyampaikan penolakannya untuk divaksin dengan alasan takut. 

“Saya takut divaksin dan swab setelah melihat berita di televisi,” kata Karmijan. 

Total terdapat 60 lansia di Desa Brati yang berhasil dijemput dan dibawa ke kantor balai desa. Kapolsek Brati AKP Zainal Abidin mengatakan, pihaknya bersama Satgas Covid-19 akan terus memberi pengertian kepada warga mengenai manfaat vaksinasi untuk tubuh, terutama bagi warga lanjut usia. 

“Hiingga kini belum seluruh lansia ikut menjalani vaksinasi karena sebagian tidak berada di rumah. Untuk  vaksinasi berikutnya, tim satgas akan memberikan imbauan lebih dini,” katanya.  

Editor : Ary Wahyu Wibowo