Tanah Longsor di Cilacap, Ratusan Warga Masih Mengungsi

Antara ยท Senin, 04 April 2022 - 17:16:00 WIB
Tanah Longsor di Cilacap, Ratusan Warga Masih Mengungsi
Proses pembukaan ruas jalan yang tertimbun longsor di Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap. Foto: ANTARA.

CILACAP, iNews.id – Ratusan orang masih mengungsi akibat bencana tanah longsor di Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap. Bencana yang terjadi 31 Maret 2022, mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan puluhan lainnya terancam longsor.

"Pengungsi masih seperti data kemarin, 121 jiwa, sudah terurus dengan baik. Perlogistikan mencukupi kebutuhan dua bulan insyaallah cukup," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Wijonardi, Senin (4/4/2022). 

Oleh karena itu, bagi donatur yang ingin memberikan bantuan sebaiknya dalam bentuk uang tunai, sehingga dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pemulihan pascabencana.

Dalam hal ini, dana sumbangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak.

"Masyarakat yang terdampak bencana, otomatis pendapatannya akan menurun, sehingga jangan dipaksa untuk swadaya, tidak akan mampu. Jadi, kalau mau membantu sebaiknya untuk mendukung kegiatan pascakebencanaan, untuk memperbaiki sarana-prasarana jalan dan jembatan yang rusak kan butuh biaya besar," katanya.


Wijonardi mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga memberikan perhatian serius terhadap bencana tanah longsor di Dusun Citulang, Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Cilacap.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: