Tanggul Sungai Cilopadang dan Cilumuh Jebol, Ratusan Rumah di Cilacap Terendam Banjir

Antara ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 11:24:00 WIB
Tanggul Sungai Cilopadang dan Cilumuh Jebol, Ratusan Rumah di Cilacap Terendam Banjir
Banjir menggenangi ratusan rumah warga di Kecamatan Majenang, Cilacap akibat tanggul sungai Cilopadang dan Cilumuh jebol. (Antara)

CILACAP, iNews.idBanjir merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Banjir diakibatkan jebolnya tanggul Sungai Cilopadang dan Cilumuh.

"Banjir tersebut terjadi tadi malam dan menggenangi Desa Cilopadang, Sindangsari, Padangsari, Mulyasari, dan Padangjaya, namun pagi ini sudah surut, hanya beberapa titik yang masih tergenang," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy di Cilacap, Rabu (2/12/2020).

Menurut dia, banjir yang melanda empat desa itu disebabkan oleh jebolnya lima titik tanggul di Sungai Cilopadang dan Cilumuh akibat hujan lebat pada Selasa (1/12/2020) dari pukul 14.00 WIB hingga 19.30 WIB.

Menurut data BPBD, banjir menyebabkan 387 rumah warga tergenang setinggi 20 sampai 80 cm di Dusun Benda, Desa Cilopadang. "Meskipun di Dusun Benda terdapat 359 keluarga atau 788 jiwa yang terdampak banjir dari jebolnya tanggul Sungai Cilumuh, kejadian tersebut tidak mengakibatkan pengungsian," kata Tri Komara.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3