Tebing Setinggi 25 Meter Longsor, Akses Warga Banyumas Terputus

Saladin Ayyubi ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 12:23 WIB
Tebing Setinggi 25 Meter Longsor, Akses Warga Banyumas Terputus
Longsor di Desa Keniten, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada Rabu (18/3/2020) (Foto: iNews/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Desa Keniten, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyebabkan tebing longsor pada Rabu (18/3/2020) dini hari. Tebing setinggi 25 meter dengan panjang 15 meter longsor hingga menutup akses warga.

Longsor tebing ini menutup jalan aspal penghubung beberapa desa menuju kecamatan dan kabupaten. Akibatnya, warga harus memutar sejauh hingga empat kilometer.

Hingga Rabu (18/3/2020) pagi material tanah longsoran masih menutup jalanan. Alat berat sudah diterjunkan agar jalan bisa dilewati kendaraan.

Menurut aparat setempat, lokasi tanah di Desa Keiten memang rawan longsor. Beruntung saat kejadian tidak ada warga melewati jalan tersebut

"Ini karena intensitas hujan yang sangat tinggi jadi tanah yang di atas tidak kuat jadi longsor," ujar Danramil Kedung Banteng Lettu Nurkolis, di lokasi kejadian, Rabu (18/3/2020).

Tidak ada kerusakan rumah warga, namun atas kejadian ini transportasi beberapa desa menuju kecamatan dan kabupaten terganggu.

"Ini ada jalan alternatif, jadi warga bisa lewat jalan lain lain," katanya.


Editor : Nani Suherni