Terdampak Pandemi Covid-19, Sopir Angkot di Salatiga Beralih Jadi Kuli Bangunan

Angga Rosa ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 18:36:00 WIB
 Terdampak Pandemi Covid-19, Sopir Angkot di Salatiga Beralih Jadi Kuli Bangunan
Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kota Salatiga Dance Ishak Palit saat memberikan bantuan berupa paket sembako kepada sopir angkot, Kamis (22/7/2021). Foto/IST

SALATIGA, iNews.id - Pandemi Covid-19 berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat . Seperti yang dialami para sopir angkutan kota (angkot) di Salatiga. 

Semenjak pandemi Covid-19, usaha transportasi kolap lantaran sepi penumpang. Pendapatan sopir pun tak menentu sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Akhirnya mereka memilih alih profesi sebagai kuli bangunan dan bekerja serabutan yang bisa dikerjakan.

"Teman-teman banyak yang alih profesi. Ada yang jadi kuli bangunan dan ada yang kerja serabutan agar bisa mendapatkan penghasilan. Ini imbas pandemi COVID-19," kata Ketua Induk Paguyuban Angkot Salatiga (IPAS) Agus Siswanto, Kamis (22/7/2021).

Dia mengatakan, kondisi usaha transportasi nyaris gulung tikar ini, tentunya berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari kru angkot. Karena itu, mereka berupaya mencari pekerjaan lain agar bisa mendapatkan penghasilan. 

"Sekarang mencari pendapatan sesuai hitungan operasional sudah tidak bisa. Sehingga banyak kru angkot yang alih profesi," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: