Tergenang Rob Setinggi 40 cm, Jalur Pantura Demak Macet 5 Km Lebih

Sukmawijaya ยท Sabtu, 06 Juli 2019 - 16:32 WIB
Tergenang Rob Setinggi 40 cm, Jalur Pantura Demak Macet 5 Km Lebih
Banjir pasang air laut merendam ruas jalur Pantura, Sayung, Kabupaten Demak hingga mengakibatkan kemacetan panjang. (Foto: iNews.id/Sukmawijaya)

DEMAK, iNews.id - Jalur Pantura kawasan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah tergenang banjir rob sepanjang hampir 400 meter, Sabtu (6/7/2019). Kondisi tersebut mengakibatkan arus lalu lintas di jalur transnasional mengalami kemacetan panjang hingga 5 km lebih.

Banjir rob tersebut menggenangi ruas jalan dari arah Semarang-Demak dengan ketinggian berkisar antara 20-40 cm. Hal itu membuat para pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor harus berhati-hati dan melambatkan laju kendaraannya.

Warga Sayung, Nur Hidayat mengatakan, banjir rob sebenarnya pernah terjadi beberapa hari lalu, namun banjir kali ini yang paling parah. “Hari ini robnya parah sampai macet 5 km lebih, karena banjirnya tinggi sampai 40 cm,” katanya.


Dia mengatakan, banjir rob di jalur Pantura Km 10 arah Demak-Semarang ini terjadi selain faktor alam, juga dampak peninggian jalan di Jalur Semarang-Demak. Akibatnya, limpasan air laut tidak bisa keluar ke saluran irigasi. “Kemungkinan karena peningkatan jalan dan drainase kurang berfungsi,” ucapnya.

Pengendara motor, Mukti mengaku hampir tiap sore hari sepulang kerja selalu terjebak rob. “Hampir tiap sore kalau pulang kerja selalu kena rob. Tapi, ya bagaimana lagi tidak ada jalan lain,” ucap warga Demak ini.

Dia berharap agar pemerintah dalam hal ini instansi terkait segera mencarikan solusi mengatasi banjir rob yang rutin melanda jalur Pantura kawasan Sayung, Demak. “Kalau bisa segera diperbaiki lagi jalannya agar tidak kena rob,” ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki