Tolong, Bocah 9 Tahun Penderita Hydrocephalus di Banjarnegara Butuh Bantuan

Kastolani ยท Selasa, 30 Maret 2021 - 21:00:00 WIB
Tolong, Bocah 9 Tahun Penderita Hydrocephalus di Banjarnegara Butuh Bantuan
Atimanisem dengan sabar merawat anak keduanya yang menderita hydrocephalus di Banjarnegara. (Foto: ist)

BANJARNEGARA, iNews.id - Dwi Aryanto (9) bocah penderita hydrocephalus hanya tergolek lemas di tempat tidurnya. Kondisi anak kedua Atimanisem (38) warga Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara sangat memprihatinkan. Tubuhnya sangat kurus dan hanya tampak tulang terbungkus kulit.

Atimanisem menuturkan, saat bayi anaknya beberapa kali mengalami kejang-kejang. Pada usia dua bulan, kepala Dwi Ariyanto mulai membesar dan berisi cairan. 

Dwi kemudian menjalani operasi penyedotan cairan yang ada di kepalanya. "Ya umur dua bulan sudah pernah diambil cairannya, dan di pasang selang, untuk mengeluarkan cairan tersebut. Di RSUD Margono, dan usia tujuh tahun seharusnya dilakukan operasi kembali," kata Atimanisem, Selasa (30/3/2021).

Namun, rencana operasi lanjutan urung dilakukan karena kondisi tubuh Dwi mengalami mal nutrisi atau kekurangan gizi. Sehingga kesehatan secara umumnya pun harus diperbaiki, pasalnya di usia sembilan tahun ini beratnya tak lebih dari 10 kilogram.

"Dua tahun lalu tak bisa operasi. Katanya harus memperbaiki kondisinya terlebih dahulu," katanya saat dikunjungi Dokter Tegar Jati Kusuma dan dr Agus Ujianto SpB dari Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2