Tuan Rumah Kontes Robot Terbang, Tim UNS Optimistis Sabet Juara Umum

Ary Wahyu Wibowo ยท Sabtu, 13 November 2021 - 17:32:00 WIB
Tuan Rumah Kontes Robot Terbang, Tim UNS Optimistis Sabet Juara Umum
Persiapan tim UNS selaku tuan rumah penyelenggaraan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), 15-20 November 2021. Foto: Ist.

SOLO, iNews.id - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), 15-20 November 2021. Selaku tuan rumah, tim UNS optimistis bisa menyabet juara umum. 

 “Di setiap divisi, harapannya anak-anak kami bisa mendapatkan podium. Di samping ada beberapa kategori yang bisa disabet juga, seperti best design. Dan  targetnya jelas juara umum,” ujar pembimbing Tim KRTI UNS 2021, Dr Nurul Muhayat, Sabtu (13/11/2021). 

Dari hasil kualifikasi robot terbang yang sudah didapat, UNS melalui Bengawan UV berhasil meloloskan empat tim ke tahap final KRTI 2021. 

Empat tim terdiri atas Shankara pada divisi Vertical Take-off and Landing (VTOL), Ernesti pada divisi Racing Plane (RP), Bamantara pada divisi Fixed- Wing (FW), dan Prigi Baswara pada divisi Technology Development (TD).

Pada divisi VTOL, robot terbang memiliki kemampuan mengirimkan bantuan ke gedung tinggi. Divisi FW, robot dapat terbang hingga jarak 55 kilometer. Divisi RP, robot terbang bisa bergerak secara otomatis membentuk angka delapan. Sedangkan pada divisi TD, robot terbang bisa mengalirkan listrik ke bagian-bagian yang dibutuhkan.

“Semuanya sudah diatur sejak lama. Membangun tim sudah beberapa waktu yang lalu ketika mendapatkan pengumuman. Insyaallah, tim kami bisa masuk (juara) dan di Bengawan UV semua all out untuk mengejar kemenangan,” katanya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: