UNESCO Tetapkan Karimunjawa Jepara sebagai Cagar Biosfer

Antara ยท Rabu, 04 November 2020 - 22:07:00 WIB
UNESCO Tetapkan Karimunjawa Jepara sebagai Cagar Biosfer
Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Antara)

JEPARA, iNews.id - UNESCO menetapkan kawasan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sebagai cagar biosfer untuk meningkatkan berbagai upaya pelestarian keanekaragaman hayati di daerah itu. Penetapan tersebut dilakukan organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan itu pada Rabu, 28 Oktober 2020 lalu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jepara Farikhah Elida mengatakan, UNESCO tidak hanya menetapkan Karimunjawa, tapi juga Karimunjawa Jepara Muria yang mencakup Kabupaten Jepara, Kudus, dan Pati.

"Penetapannya bersamaan dengan dua cagar biosfer baru di Indonesia yang diumumkan dalam sidang ke-32 International Coordinating Council (ICC) Man and the Biosphere (MAB) UNESCO tahun 2020, Rabu (28/10/2020)," kata Farikhah Elida di Jepara, Rabu (4/11/2020).

Pengajuan Karimunjawa sebagai cagar biosfer sudah dilakukan sejak 2017. Sementara tahapannya berlangsung hingga 2,5 tahun, mulai dari penyiapan proposal, data konferensi di LIPI, pembuatan film nominasi cagar biosfer, hingga pengiriman dokumen pengusulan nomine cagar biosfer ke MAB UNESCO di Nigeria.

Data yang dibutuhkan, mulai dari RPJMD, RTRW, kondisi geografis, sosial, ekonomi dan budaya, letter of agreement yang ditandatangani pemerintah daerah dan dinas terkait, serta surat rekomendasi dari gubernur Jawa Tengah.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2