Usaha Bangkit di Tengah Pandemi, Pelaku UMKM Apresiasi Kebijakan KPCPEN

Ahmad Antoni ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 16:14:00 WIB
Usaha Bangkit di Tengah Pandemi, Pelaku UMKM Apresiasi Kebijakan KPCPEN
Kegiatan usAHA Borong Usaha yang dilakukan komunitas binaan Airlangga Hartarto, di Kota Salatiga. (IST)

SALATIGA, iNews.id – Kebijakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dalam penanganan pandemi berdampak positif bagi pelaku UMKM di Kota Salatiga. Mereka menilai kebijakan sudah tepat untuk UMKM terdampak pandemi.

Ipung Effendi (37), pedagang Cendol Dawet Ireng khas Purworejo mengatakan bahwa berkat kebijakan KPCPEN, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa bangkit kembali. 

"Saya ngucapin terima kasih ke pemerintah, khususnya Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto. Penanganan pandemi Indonesia menurut saya luar biasa dengan banyaknya vaksin yang digencarkan dan pedagang kecil atau UMKM seperti saya ini bisa bangkit," kata Ipung, Jumat (14/1/2022).

Dia menceritakan, pandemi memberikan dampak yang luar biasa bagi dirinya. Dia mengalami penurunan pendapatan hingga 80 persen dari sebelum pandemi. Sebelum pandemi, dirinya bisa mendapatkan omzet 2-3 juta rupiah. 

Setelah pandemi omzet yang didapatkan hanya Rp700.000 saja. Namun, seiring penanganan pandemi yang terus meningkat dari pemerintah, dia mengaku mulai ada peningkatan penjualan. 

"Dengan adanya program vaksin dan kasusnya terus menurun, penjualan saya secara grafik itu meningkat, ya meskipun gak seperti sebelum pandemi, tapi itu lumayanlah, dibanding sebelum ada vaksin dan ketatnya pembatasan," katanya. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: